Logo
Dempo Xler
Ketua Komisi I Soroti Kinerja KPU dalam Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas

Ketua Komisi I Soroti Kinerja KPU dalam Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas

   

BENGKULU – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler mengometari peranan KPU dalam menciptakan pemimpin daerah yang berkualitas. Menurut Dempo, KPU mempunyai beban untuk mewujudkan hal tersebut.

Dempo mengatakan, penyelenggara pemilihan dan pengawas seperti Bawaslu mempunyai kekuasaan untuk menyampaikan informasi soal kandidat pilihan secara terbuka kepada masyarakat.

“KPU dan Bawaslu mestinya menyampaikan informasi secara untuk kepada rakyat terkait peserta Pemilu. Bahkan, KPU menjadi lembaga yang bertanggung jawab besar menjadikan orang yang terpilih itu memang berkualitas,” ungkap Dempo, Senin (4/03/2024).

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengkritik penyelenggara Pemilu yang tidak ambil bagian dalam mencerdaskan pemilih untuk memilih pemimpin daerah yang tepat. KPU seharusnya menjelaskan kualitas dari berbagai latar belakang calon.

“Seharusnya KPU bisa memaparkan kualitas peserta Pemilu sehingga rakyat bisa menentukan wakil mereka yang bermutu dan berkualitas. Kalau saat ini, peserta Pemilu dianggap sama oleh KPU, dan diberikan pertarungan bebas di lapangan,” tegas Dempo.

Dempo berharap agar ke depan, pemerintah, KPU dan Bawaslu bisa memberikan ruang untuk menjelaskan kepada rakyat terkait mutu dan kualitas peserta Pemilu, agar nantinya akan menghasilkan pemimpin sesuai kehendak rakyat. (Advetorial)