Logo

Dempo Xler Dukung Penolakan Kenaikan UKT

Dempo Xler Dukung Penolakan Kenaikan UKT

BENGKULU – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler menyatakan dukungannya terhadap penolakan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang disampaikan oleh sejumlah mahasiswa di Bengkulu.

Dempo mengatakan, kenaikan UKT tanpa pertimbangan yang matang dapat menimbulkan ketimpangan dan menyulitkan mahasiswa tidak mampu untuk melanjutkan kuliah. Hal ini tentu bertentangan dengan semangat Undang-Undang Dasar 1945.

“Jika UKT dinaikan tanpa pertimbangan yang matang, banyak mahasiswa dari keluarga berpenghasilan rendah akan kesulitan melanjutkan pendidikan mereka,” ucap Dempo.

Keua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler

Dempo berharap pemerintah dapat mengkaji ulang rencana tersebut dan memastikan seluruh mahasiswa dari golongan ekonomi berbeda dapat mengenyam pendidikan yang sama.

“Kebijakan yang ada harus mampu menjamin seluruh mahasiswa, tanpa memandang latar belakang ekenomi mereka, tetap memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi yang berkualitas,” ucap Dempo.

Menurutnya, kualitas pendidikan yang baik tidak ditentukan oleh besarnya uang kuliah tetapi bagaimana institusi pendidikan mengelola sumber daya yang ada secara efektif.

“Dialog konstruktif antara semua pihak sangat penting untuk mencapai kesepakatan yang tidak hanya adil tapi juga berkelanjutan dalam jangka panjang,” tutup Dempo. (Advetorial)