Logo
Dempo Xler

Mengenal Juara Cipta Lagu FLS2N Bengkulu, Pernah Masuk Top 10 Nasional

   

“Musik itu lebih ke warna hidupku sih kak. Soalnya lebih terasa indah saja hari, kalau disertai dengan musik,” kata Ersya.

Siwa ini sedari dahulu memang mahir dalam hal bermusik. Hanya menekan beberapa tuts piano saja sudah terdengar suara melodi yang indah. Ersya Yuan Wibiyaksa yang sekarang duduk di bangku SMA Negeri 1 Rejang Lebong tersebut, memang rajin dalam mengikuti berbagai perlombaan.

Beberapa prestasi yang sudah diraupnya, seperti cipta dan baca puisi ke tingkat nasional di provinsi Sulawesi Utara tahun 2016. Juara harapan dua di ajang FORNAS  Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Juara dua lomba Baca Puisi FLS2N Tingkat Provinsi Tahun 2022 hingga menjadi Finalis Olimpiade Biologi Tingkat Nasional Tahun 2022.

Pemenang Lomba Cipta Lagu, Ersya Yuan Wibiyaksa. Foto, dok/BN.

Baik sastra maupun musik, baginya kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan dari dirinya. Kedua hal ini seolah menjadi bagian dari denyut nadinya, hingga terciptalah sebuah lagu berjudul ‘Terbang Bersama Melodi’.

Setiap lirik dalam lagu tersebut menggambarkan bahwa banyak anak muda disekitarnya memiliki talenta seni, sayangnya hal tersebut harus terkubur dalam diam. Bukannya enggan, mereka hanya tidak berani untuk menunjukkan talenta tersebut di depan banyak orang.

Lewat kejadian tersebut terbentuklah setiap lirik dan bait lagu yang ia ciptakan. Siapa sangka hasilnya membuat ia sendiripun kaget. Bagaimana tidak lewat lagunya itu ia berhasil menajajal urutan tangga lagu Finalis Top 10 Cipta Lagu Terbaik se-Indonesia.

Walau pada dasarnya banyak hal yang telah dilalui, siapa bilang ia tidak menemui kesulitan. Tentu hal tersebut selalu ada di setiap proses kehidupannya, terlebih saat menciptakan lagu.

Pemenang Lomba Cipta Lagu, Ersya Yuan Wibiyaksa. Foto, dok/BN.

“Saat proses penciptaan lagu ada beberapa kesulitan apalagi di penulisan syair, karena kita harus bisa menuangkan ide-ide cemerlang yang sesuai dengan tema nasional di lomba ini. Jadi itu tantangan cukup berat,” jelasnya.

Walaupun begitu kata menyerah bukanlah solusi baginya, ia tetap melewati kesulitan tersebut dengan perasaan tenang terlebih musik merupakan bagian dari dirinya. Benar saja rupanya hal tersebut dapat dilewati bahkan membuahkan hasil yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Menurutnya mungkin banyak orang di luar sana yang lebih profesional dalam membuat lagu. Tetapi orang yang memiliki kemauan untuk berusaha, juga bisa menjadi orang sukses. Sehingga ia meminta kepada anak muda yang memiliki talenta untuk tidak tenggelam dalam kesemuan kapitalisme. Ia meminta mereka untuk lebih berani dalam menampilkan hal yang dipunya.

Pemenang Lomba Cipta Lagu, Ersya Yuan Wibiyaksa. Foto, dok/BN.

Ia juga berharap karyanya tersebut dapat memberikan kecerahan dan membangkitkan semangat generasi muda untuk dapat menampilkan talenta yang ada pada diri mereka.

“Semua karya seni itu indah, hanya cara menikmatinya saja yang berbeda-beda. Jadi jangan menganggap karya seni-mu jelek, banyak pandangan berbeda yang menjadikannya unik dan berkesan,” tutup Ersya.