Mustika, Juara Bernyanyi yang Sempat Lupa Lirik Lagu

BENGKULU – Mustika Saraswati atau kerap disapa Saras merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Pengenalannya akan dunia bernyanyi dimulai ketika dirinya duduk di bangku kelas enam Sekolah Dasar. Kala itu Ia diminta oleh gurunya menyumbangkan lagu dalam acara perpisahan, siapa sangka bakatnya tersebut mencuri perhatian khayalak banyak.

Setelah duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ia semakin mengasah bakat tersebut serta mengikuti berbagai lomba dalam setiap kegiatan yang diadakan. Bahkan diundang untuk mengisi acara dalam Kompetisi Sains Nasional 2020, ketika Bengkulu menjadi tuan rumah kegiatan tersebut.

“Jadi waktu itu ada Kompetisi Sains Nasional 2020, aku amsih di kelas tujuh. Nah Saras diminta Sekolah untuk tampil pembukaan dan penutupan acara. Waktu itu pembukaannya di MAN Model dan penutupnya di asrama haji,” kata Saras saat diwawancarai Bengkulunews.co.id  Selasa (26/09/23) siang.

Namun tentu semua tidak semulus yang dibayangkan, kendala Ia rasakan ketika tengah mengikuti sebuah lomba band pada 2022. Kala itu Ia memiliki masalah pribadi yang cukup berat, sehingga membuat dirinya terpuruk. Hal tersebut membuat dirinya kehilangan lirik lagu, padahal dua hari sebelum lomba diadakan dirinya sudah menghafal betul.

Tentu pada saat itu dirinya hanya bisa terdiam berdiri kaku, dengan mulut bagaikan terkunci. Karena tidak satu katapun dari lirik yang Ia hafalkan sebelumnya terucap. Beruntung dewan juri memberikan dirinya kesempatan untuk mengulang kembali dari awal lagu yang ingin dinyanyikan tersebut.

Sedang dirinya berusaha bergulat dengan rasa emosional yang terus menerus menggerogoti pikirannya. Kata yang terucap dibibir kala itu hanyalah kalimat penyengamat untuk diri, agar dapat melewati fase tersebut.

“Tidak terucap satu katapun lirik lagunya, padahal H min berapa hari itu sudah dihafal dan lancar. Dan saat di atas panggung tidak satu katapun tidak bisa. Jadi waktu itu jurinya minta diulang dan Saras bilang sama diri sendiri yuk bisa. Dan Alhamdulillah lancar, walaupun cuman hanya masuk final,” jelasnya.

Walau terlihat kecil masalah tersebut dilihat namun berkat itu Saras berhasil untuk menang atas gejolak pemikirannya kala itu. Siapa sangka lewat proses panjang tersebut mengantarkan dirinya untuk menorehkan nama dibeberapa perlombaan, bahkan baru-baru ini Ia menajdi Juara III Solo Song Putri tingkat SMA se Provinsi Bengkulu

Selain memiliki prestasi di bidang non-akademik, dirinya juga meraih sederet prestasi dengan selalu menjadi juara tiga besar dari kelas 10 hingga 12 SMA. Dirinya yang tengah bersekolah di SMA N 7 Kota Bengkulu ini, tengah fokus untuk mempersiapkan diri menggapai cita-cita masuk ke perguruan tinggi negeri UGM (universitas Gajah Mada).

Ia berpesan kepada teman-teman yang memiliki bakat untuk berani mencoba segala sesuatu, serta dapat lulus PTN.

“Buat temen-temen yang memiliki hobi seperti laras, tidak apa-apa mencoba. Karena segala sesuatu itu harus dicoba dahulu, bagaimanapun hasil akhirnya belakangan. Kita tidak papa gagal yang penting sudah mencoba,” demikian Saras.

You might also like