Logo
Dempo Xler

Profil Arridho Hafiz, Sang Juara Kebumian OSN Provinsi Bengkulu 2023

   

BENGKULU – Kali ini prestasi gemilang berhasil di raih oleh siswa berbakat dari SMAN 1 Bengkulu Utara, Arridho Hafiz Sepdianto atau yang kerap di sapa Ridho berhasil mengukir prestasi dengan menyabet juara satu Kebumian ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA Provinsi Bengkulu.

Kesukaan nya dengan alam membuat dirinya sangat tertarik dengan kebumian, ia menuturkan Belajar kebumian ini seru dan menyenangkan ditambah banyak orang bahkan tidak mengetahui seperti apa pelajaran kebumian.

Arridho Hafiz Sepdianto,Juara Kebumian OSN Provinsi 2023

“Aku sangat suka pelajaran yang berbau dengan alam, memang dari dulu sudah sangat suka dengan kebumian karena sedikit orang tau jadi pengen aja mencoba, yang awalnya suka geografi karena pelajarannya agak sama dengan kebumian eh sekarang malah tertarik sekali dengan kebumian,” Jelasnya.

Siswa kelas 12 ini mengaku sejak umur 15 tahun ia sudah mulai menekuni pelajaran kebumian, bahkan dirinya sudah sering mengikuti olimpiade online bidang kebumian.“3 tahun yang lalu saya pernah mengikuti olimpiade online kebumian, namun hanya bertahan di rangking 5 saja,” pungkasnya.

Arridho Hafiz Sepdianto,Juara Kebumian OSN Provinsi 2023

Kegagalan yang pernah ia alami tak membuat siswa ini menyerah, dengan semangat usaha dan kerja keras yang maksimal serta giat belajar mengasah kemampuan berhasil membawa ia meraih juara OSN provinsi dan mengantarkannya ke tingkat Nasional.

“ Saya giat belajar kak, baik secara mandiri dari internet maupun dari ruang guru,biasanya saya selalu membuat catatan ataupun print sumber-sumber tentang kebumian,” tambahnya.

Dalam perlombaan ia mengaku sangat kesulitan menghadapi lawan tandingnya, karena bagi dirinya perlombaan kali ini merupakan perlombaan pertama dirinya bisa mencapai tingkat Provinsi, namun dengan semangat dan juga kemampuan yang ia miliki berhasil menepis ketakutannya tersebut.

“Awalnya aku kesulitan dan sempat ragu juga karena bersaing dengan banyak orang sudah berpengalaman, tapi aku selalu percaya diri dengan kemampuan yang aku miliki,” tambahnya.

Arridho Hafiz Sepdianto,Juara Kebumian OSN Provinsi 2023

Ia berharap kedepannya dapat terus mendalami tentang kebumian dan bisa berperan ilmu kebumian di lingkungan masyarakat. Tak lupa juga ia berpesan kepada teman-teman yang sedang berjuang untuk berusaha.“Buat teman-teman yang sedang berkompetisi ataupun tidak yaitu tetap smngat terus jangan mudah menyerah ,terus berusaha,berdoa dan ibadah pasti nanti hasil nya tidak akan menghianati jika itupun masih gagal koreksi diri apa yang menjadi kesalahan,” tutupnya.