Logo

Pemdes Desa Air Kasai Lakukan BLT-DD Tahap I

Pemdes Desa Air Kasai Lakukan BLT-DD Tahap I

Pemdes Desa Air Kasai Lakukan BLT-DD Tahap I

BENGKULU – Pemerintah Desa (Pemdes) Air Kasai, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap I tahun anggaran 2024. BLT diberikan kepada 28 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di kantor desa setempat, Jumat (03/05/2024).

Kegiatan penyaluran BLT DD Desa Air Kasai, Kecamatan Air Dikit. Juga dihadiri dan disaksikan langsung Camat Air Dikit, Ketua BPD Air Dikit, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan seluruh perangkat desa setempat.

Kepala Desa Air Kasai Sofyan mengatakan, bantuan langsung tunai yang disalurkan pihaknya merupakan upaya pemerintah mengatasi kemiskinan ekstrem, terkhusus bagi sebagian warga Desa Air Kasai yang masuk dalam kriteria penerima manfaat.

“BLT ini bertujuan mengatasi beban masyarakat yang kurang mampu. Setiap KPM menerima BLT DD untuk tiga bulan dan per bulannya mereka menerima Rp300.000. Maka total yang diterima setiap KPM-nya sebesar Rp900.000,” kata Kades Air Kasai, Sofyan.

Kades menambahkan, BLT penanganan kemiskinan ekstrem ini sangat dibutuhkan oleh warga kurang mampu. Setidaknya, kata Kades, bantuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok atau primer keluarga penerima manfaat.

“Kebutuhan itu termasuk kebutuhan dasar di bidang makanan, air minum bersih, fasilitas sanitasi, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan, dan yang lainnya. Kades juga berharap, bantuan yang sudah disalurkan itu dapat dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan keluarga sehari-hari,” ujarnya.

“Karena bantuan ini tidak setiap hari disalurkan. Maka dari itu, gunakan uang BLT DD itu dengan baik. Belanjakan uang itu untuk hal yang bermanfaat bagi keluarga,” demikian pesan Kades. (Defran)