Logo
Kanwil Kemenkumham Bengkulu Siap Dorong Implementasi Bisnis dan HAM di Wilayah

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Siap Dorong Implementasi Bisnis dan HAM di Wilayah

JAKARTA – Jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Bengkulu turut ambil bagian dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja tahun 2023 di Hotel Borobudur Jakarta pada hari pertama Selasa (12/12/2023). Salah satu yang dibahas dalam acara ini adalah mengenai Pembentukan Gugus Tugas Daerah dalam Bisnis dan HAM.

Materi yang disampaikan menekankan pentingnya keberadaan pelaku usaha dalam pembangunan sebagai pendorong utama roda perekonomian. Pelaku usaha diakui memberikan dampak signifikan, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kondisi kerja, mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat, dan mengurangi tingkat kemiskinan.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia, Dhahana Putra, menegaskan bahwa kegiatan usaha harus mematuhi prinsip-prinsip hak asasi manusia.

“Hak dan kewajiban harus benar-benar diperhatikan. Ini adalah wujud implementasi bisnis dan HAM,” jelasnya.

Pengaturan terkait upah, jam kerja, serta hak-hak pekerja harus dijamin dan dilindungi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk persyaratan usia pekerja.

Kepala Kantor Wilayah (Santosa), Kepala Divisi Administrasi (Achmad Brahmantyo Machmud), Kepala Divisi Keimigrasian (Ramdhani), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Teguh Wibowo), Kepala Divisi Pelayanan Hukum (Andrieansjah), beserta jajaran pejabat struktural lainnya turut hadir dalam kegiatan ini. Keseriusan para peserta untuk menggarap isu penting ini mencerminkan komitmen bersama dalam mengembangkan bisnis yang memperhatikan aspek Hak Asasi Manusia.