Logo
Dempo Xler

Cerita Sang Juara Dua Karate Tunggal Putri pada 02SN Tingkat Provinsi 2023

   

BENGKULU – Salsa Zahra Nabila, siswi dari SMA N 2 Kepahiang berhasil menjadi juara Dua terbaik di cabang olahraga pencak silat tunggal putri dari seluruh atlet SMA/MA se Provinsi Bengkulu pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2023. Prestasi yang di raihnya tersebut membuatnya berhasil mengantarkannya ke Nasional.

Siswi berbakat yang biasa di sapa Salsa ini, mulai menekuni pencak silat saat  ia duduk di Sekolah Dasar (SD), keinginannya terjun ke dunia pencak silat berawal dari  mengikuti ekstra kulikuler di sekolahnya, Salsa yang awalnya hanya coba-coba namun siapa sangka berhasil membuahkan prestasi seperti saat ini.

“Sejak Salsa kelas lima SD, saya ikut ekstra kulikuler di Sekolah itu atas kemauan Salsa sendiri, awalnya hanya ikutt ekskul aja tapi lama-lama Salsa tertarik dan mulai mendalami pencak silat ssmapi dengan sekarang,” ujar Salsa.

Siswi kelas XII ini menuturkan, bahwa prestasi yang diraihnya sampai ke ajang provinsi dan menuju nasionasl ini baru pertama kali baginya, namun sebelumnya ia juga pernah menukir prestasi seperti O2SN Tingkat Kabupaten maupun Pekan Olahraga Daerah (POPDA).

“Salsa pernah beberapa kali mengikuti olimpiade, namun sampai ke tingkat Provinsi menuju nasional ini baru pertama kalinya, prestasi yang pernahSalsa raih seperti Juara satu pencak silat O2SN tingkat kabupaten, Juara Dua Popda kabupaten dan Juara dua pencak silat O2SN tingkat Provinsi,” jelas Salsa.

Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Salsa, Anak ketiga ini mengatakan bahwa prestasi yang ia raih tak luput dari usaha dan kerja kerasnya berlatih selama ini.

“Selama mempersiapkan diri dalam pertandingan, salsa berlatih tiga kali dalam seminggu bersama pelatih,” ungkapnya.

Prestasi yang ia raih pun tak luput dari tantangan maupun kendala yang harus ia lewati, Salsa mengaku dirinya sempat di Diskualifikasi pada saat mengikuti pertandingan di Provinsi.

“Pas pendaftaran online O2SN dihari terakhir kurang informasi kak, Salsa Hampir di diskualifikasi saat pertandingan di Provinsi, tapi karena support dan dorongan dari keluarga, Pihak sekolah, teman maupun pelatih Salsa jadi kuat dan semnagat hingga menjadikanSalsa menuju Nasional,” tambahnya.

Dalam menggeluti pencak silat Salsa memiliki sosok yang sangat menginspirasi dirinya, sosok tersebut adalah Hanifan Yunadi, atlet pencak silat yang berhasil mempersembahkan medali emas di ASEAN Games 2018.

“Salsa sangat mengidolakan kak Hanifan Yunadi, karena dia sangat keren, performance nya bagus dan teknik nya pun banyak,” jelasnya.