Logo
Dempo Xler
Sekprov Bengkulu Ingatkan Pentingnya Tata Kelolah Keuangan Negara

Sekprov Bengkulu Ingatkan Pentingnya Tata Kelolah Keuangan Negara

   

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa pada Rabu (18/10/2023).

Acara pelatihan yang digelar di Ball Room Hotel Mercure Bengkulu diikuti oleh perwakilan Aparatur Desa dari beberapa Kabupaten Provinsi Bengkulu serta adanya perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri.

Disampaikan Sekprov Isnan Fajri dalam sambutanya, kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa juga harus menyinggung pembahasan mengenai tata kelolah uang negara (Desa) yang sesuai dengan regulasi.

“Kita diminta membelanjakan (Uang Negara) kelihatanya gampang tapi kita di-cut oleh regulasi regulasi. Karena uangnya tersedia, jumlahnya banyak, uang itu bisa diambil dulu baru dibelanjakan, baru di SPJ kan. Na, pas giliran SPJ ini kita lalai di audit, na ini yang membuat kita kelabakan,” kata Isnan.

Lebih jauh, Isnan juga menambahkan, desa-desa di Kabupaten Provinsi Bengkulu juga harus meng-update data base yang berkaitan dengan Kemiskinan, Penduduk Desa, Pembangunan Desa serta Pekerjaan Warga Desa.

Sehingga pemerintah Daerah dalam melakukan Pembangunan di Desa lebih tersusun dan tertata dengan adanya data base yang dimiliki oleh Desa.

“Kami harap desa ataupun Perangkat Desa meng-update data base desa baik mengenai kemiskinan, pekerjaan, pembangunan desa. Karena sasaran pembangunan daerah itu adalah melalui data base (Desa) dan ini sangat penting,” tambah Isnan.

Di sisi lain, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Bengkulu Siswanto mengatakan, kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa tersebut berasal dari Kemendagri yang diikuti serentak di 33 Provinsi.

“Serentak di 33 provinsi di Indonesia yang kita dahului kemarin di tanggal 20 September 2023 yang dibuka secara paralel oleh Mendagri melaui Dirjen Kemendagri,” tutup Siswanto.