Logo
Kadispora Ika Joni: Perlu Banyak Pertandingan untuk Tingkatkan Prestasi

Kadispora Ika Joni: Perlu Banyak Pertandingan untuk Tingkatkan Prestasi

BENGKULU – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Ika Joni Ikhwan mengaku diperlukan banyak pertandingan untuk meningkatkan prestasi olahraga, khususnya pada anak yang menjadi domain dispora.

“Secara umum, untuk meningkatkan prestasi anak itu perlu banyak kejuaraan. Kalau hanya berlatih kalau tidak bertanding, jam terbangnya kurang,” katanya, Selasa (5/12/2023).

Ika mengatakan, kejuaraan-kejuaraan di tingkat pelajar perlu diperbanyak. Ini tidak hanya dilakukan oleh Dispora Provinsi, tapi juga di daerah. Kejuaraan ini nantinya diharapkan bisa meningkatkan mentalitas anak.

“Ini bukan dispora provinsi saja, di kabupaten juga mulai dari jenjang kecamatan, dilaksanakan sebanyak mungkin kejuaraan-kejuaraan antar pelajar. Untuk meningkatkan jam terbang anak itu dalam perlombaan,” jelas Ika.

Sementara itu, Ika menyebut dispora tidak melakukan seleksi secara khusus untuk membuat sebuah tim olahraga. Wewenang ini hanya bisa dilakukan olah organisasi olahraga profesi atau di klub tempat anak itu berlatih.

Ia mengaku potensi olahraga di Bengkulu tidak kalah dibandingkan daerah lain di Indonesia. Namun, faktor pengalaman dan jam terbang bertanding yang minim membuat potensi tersebut tidak muncul.

“Dia bagus, di saat dia bertanding di luar, dia demam lapangan. Jadi perlu banyak program untuk memajukan olahraga ini,” sampainya.

Sejauh ini, kata Ika, pendanaan masih menjadi kendala utama dalam mengembangkan potensi atlet di Bengkulu. Ia berharap, prusahaan swasta bisa membantu untuk mengembangkan potensi olahraga yang ada.

“Tapi semangat juang atlet dan pelatih di Bengkulu ini luar biasa. Jadi saya mengajak seluruh pihak untuk membantu kemajuan olahraga di Provinsi Bengkulu,” ujar Ika. (Advetorial)