Logo

Ini yang Menjadi Penentu Kelulusan di Sekolah Keberbakatan Olahraga

Ini yang Menjadi Penentu Kelulusan di Sekolah Keberbakatan Olahraga

BENGKULU – Ketua Panitia Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO), Mike Van Hove mengungkapkan tentang proses seleksi untuk tahun ini.

Jumlah calon siswa yang diterima dalam PPDB SKO tahun ini adalah sebanyak 32 orang, sementara jumlah pendaftar yang mengikuti tes online mencapai 93 orang. Tahapan seleksi mencakup beberapa aspek, termasuk seleksi kesehatan, fisik, dan kecakapan.

Ketua Panitia Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO), Mike Van Hove

“Di dalam PPDB ini, faktor penentu utama dalam penentuan kelulusan adalah seleksi kecakapan olahraga (cabor). Namun, faktor lain seperti kesehatan, psikologi, wawancara, dan tes fisik juga memiliki peran penting sebagai faktor pendukung,” ungkap Mike, Kamis (6/7/2024).

 

Van Hove menjelaskan bahwa meskipun seorang siswa direkomendasikan oleh pelatih untuk menjadi nomor urut satu berdasarkan hasil seleksi cabor, namun setelah mempertimbangkan faktor-faktor pendukung lainnya, seperti kesehatan, psikologi, dan tes fisik, urutan siswa tersebut bisa berubah.

“Seorang siswa yang awalnya direkomendasikan sebagai nomor urut satu bisa bergeser ke urutan lainnya berdasarkan hasil evaluasi faktor pendukung tersebut,” ujarnya.

Proses seleksi yang cermat dan menyeluruh ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa yang diterima di SKO memiliki potensi dan kualitas yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Sehingga mereka dapat mengembangkan bakat olahraga mereka secara optimal,” kata Mike. (Advetorial)